Kamis, 19 Desember 2019

Semenarik Apakah Desain Pesan PR Online?

Desain Pesan PR Online

Image result for desain pesan pr

Desain merupakan proses untuk menentukan kondisi belajar dengan tujuan untuk menciptakan strategi dan produk. Kata desain menunjukkan adanya suatu proses dan suatu hasil. sebagai suatu proses, desain pesan sengaja diakukan mulai dari analisis masalah pembelajaran hingga pemecahan masalah yang diasumsikan dalam bentuk produk. Produk yang dihasilkan dapat dalam bentuk prototipe, naskah atau story board, dan sebagainya. 

Desain meliputi 4 cakupan utama dari teori dan praktik, yaitu : 
  • Desain sistem pembelajaran 
  • Desain pesan 
  • Strategi pembelajaran
  • Karakteristik pembelajar
Desain pesan dapat diartikan sebagai sebuah perencanaan untuk merekayasa bentuk fisik dari pesan atau informasi. Hal tersebut mencakup prinsip - prinsip perhatian, persepsi, dan daya serap yang mengatur penjabaran bentuk fisik dari pesan atau informasi, agar terjadi komunikasi antar pengirim dan penerima. 

Desain pesan berkaitan dengan hal-hal mikro, seperti bahan visual, urutan, halaman, dan layar secara terpisah. Hal ini mengandung makna bahwa prinsip - prinsip desain pesan akan berbeda, bergantung pada jenis medianya, apakah bersifat statis, dinamis, atau kombinasi keduanya. 

Bagi seorang PR, menyampaikan pesan melalui desain yang menarik merupakan salah satu strategi dari PR itu sendiri. Media yang digunakan oleh Public Relations dalam menyampaikan pesan kepada publik, yaitu : 

  1. Media pers (press)
  2. Audio - visual 
  3. Radio
  4. Televisi
  5. Pameran (exhibition)
  6. Bahan - Bahan Cetakan (printed material)
  7. Penerbitan buku khusus (sponsored book)
  8. Pemberian sponsor, dll
Pesan yang disampaikan tersebut tentunya harus dibuat semenarik mungkin, sesuai dengan target khalayaknya, seperti contoh jika menjual produk kosmetik maka desain pesan yang digunakan tentunya yang akan menarik para wanita untuk menanggapi pesan tersebut. Bagi seorang public relations memahami desain pesan itu merupakan sebuah keharusan, dan untuk membuat desain pesan tentunya seseorang itu juga harus kreatif. 



0 komentar:

Posting Komentar