Promoting Public Relations Online
Pada umumnya, Public Relations dikenal sebagai suatu seni untuk menciptakan saling pengertian antara kedua belah pihak yang ebih baik sehingga dapat menumbuhkan kepercayaan terhadap suatu organisasi, perusahaan atau seseorang. Public relation sendiri merupakan fungsi manajemen yang bertujuan untuk membangun image dan membantu pemasaran. Public relations merupakan upaya dari komunikasi pemasaran.
Pengaruh internet sangat terlihat bagi perusahaan besar dan instansi pemerintahan. Sudah tidak dapat dibantah lagi, bahwa praktisi Public Relations sudah lebih banyak menggunakan internet dalam membangun branding, menjaga dan mempertahankan reputasi, menyelesaikan masalah, mengatur kegiatan, menjalin hubungan, bahkan sarana promosi dan beriita. Oleh karena itu, kegiatan public relations menjadi lebih fleksibel, lebih efektif bahkan jika dibandingkan dengan dilakukan di dunia nyata.
Beberapa cara Public Relations melakukan promosi, yaitu :
- Membuat website sehingga target audience bisa memperoleh informasi sesuai keinginan
- Membuat media kit online
- Mengirimkan informasi secara reguler ke media dan juga pelanggan atau subscriber
- Mengaitkan bisnis dengan topik-topik aktual sehingga memudahkan pelanggan untuk menemukan produk atau jasa
- Dalam kondisi krisis atau ada masalah, perlu menciptakan akses informasi lebih cepat dari biasanya
- Bergabung dengan kelompok diskusi online sehingga bisa memantau reputasi brand dan target potensial pasar
- Membuat promosi online dan event yang bisa memberikan dimensi baru bagi pemasaran
- Membangun hubungan yang baik dengan semua pemangku kepentingan
Dalam melakukan kegiatannya di internet, seorang public relations menggunakan beberapa sarana seperti email, mailing list, yahoo, messanger, website, news group, maupun jejaring sosial.
0 komentar:
Posting Komentar