Kamis, 19 Desember 2019

Press Release dan Article

Press Release and Article 

Image result for public relations

Press Release dan Article? Pasti kalian merasa istilah ini adalah istilah yang tidak asing kalian denger. Bahkan mungkin ada yang tidak pernah mendengar istilah Press Release dan Article ini? Yuk kita bahas satu per satu. 

Press Release adalah sebuah tulisan ataupun rekaman yang ditujukan langsung pada media massa dengan tujuan untuk mengumumkan sesuatu yang memiliki nilai berita agar dipublikasikan di media massa. Press reease dibuat oleh institusi atau organisasi untuk memberitahukan kegiatannya, baik yang telah dilakukan maupun yang akan dilakukan. Bentuk Press Release yaitu : News  Release, Foto Release, dan Feature Release. Press release juga bisa penyampaian kegiatan organisasi, seperti kegiatan yang sedang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk merayakan hari kemerdekaan. sebagai bahan atau sumber berita bagi media, sebuah press release harus berisi tentang hal yang dianggap layak oleh media. Bukan hanya itu, press release juga bisa digunakan sebagai alat untuk membina dan menumbuhkan sikap, pendapat atau citra yang baik dari anggota masyarakat kepada organisasi. Press release biasanya dibuat oleh organisasi atau perusahaan.

Article atau berita adalah karya tulis yang isinya berupa opini yang membahas tentang masalah yang sifatnya aktual dan biasanya bersifat kontroversial dengan tujuan menghibur, memberitahu, mempengaruhi, dan meyakinkan para pembaca. Ciri - iri dari artikel yaitu : 

  1. Mempunyai isi yang bersumber pada fakta serta bukan hanya sekedar realita 
  2. Artikel berisi karya tulis yang padat, tuntas, singkat, dan jelas
  3. Merupakan hasil tulisan yang original
  4. Berd=sifat dengan mengungkapkan berbagai data yang diketahui oleh penulis artikel tersebut
  5. Isi karangannya sesuai dengan fakta yang diperoleh dari objek atau narasumber, bukan hanya hasil pemikiran dari penulis
  6. Isi artikel dapat berupa pemaparan tentang biografi tokoh atau yang lainnya
  7. Artikel merupakan sebuah gagasan yang menyangkut tentang kebutuhan para pembaca

0 komentar:

Posting Komentar