Kamis, 19 Desember 2019

Public Relations di Era Digital

Public Relations di Era Digital 

Image result for public relations era digital

Dulu sebelum berkembangnya internet seperti saat ini, para praktisi Public Relations hanya bergantung pada media seperti koran, televisi, dan radio. Lalu semakin berkembang pesatnya teknologi internet, maka praktisi Public Relations juga semakin berkembang, dimana pada saat ini pekerjaan seorang Public Relations juga berubah menjadi PR Digital. 

Jika diperhatikan, public relations digital tidak terlalu berbeda denga publik relations konvensional. Public Relations sendiri merupakan proses komunikasi strategis yang bertujuan untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan antara organisasi dan publiknya. Perbedaan dari dua bagian public relations ini adalah, jika public relations konvensional pekerjaannnya terletak pada event, maka public relations digital lebih banyak menggunakan media yang berbasis internet. Tujuan dari public relations ini sendiri yaitu untuk menciptakan kesan yang positif, hubungan yang baik dan meningkatkan visibilitas brand. 

Aktivitas Public Relations pada era digital yaitu : 
  • Mendengarkan percakapan publik tentang brand yang diurusnya di media sosial 
  • Mendeteksi isu - isu di media sosial yang dapat mempengaruhi brand
  • Menciptakan konten yang menarik bagi publik
Pekerjaan yang dilakukan oleh seorang public relations diakui jauh lebih efektif dan efisien jika dibandingkan dengan iklan dalam menyampaikan pesan - pesan brand kepada publik. Melalui PR digital, hubungan komunikasi antara brand dan publiknya akan tetap terjaga dan saling menguntungkan.
Public Relations digital juga bermanfaat untuk : 
  • Mendeteksi potensi isu yang berkaitan dengan brand di internet
  • Merespon isu lebih cepat sehingga dapat mencegah krisis 
  • Menyebarluaskan konten secara publik sehingga dapat meningkatkan kesadaran publik

0 komentar:

Posting Komentar