Minggu, 01 September 2019

Public Relations on the Internet


Public Relations on the Internet

Image result for public relation

Public relations adalah sebuah usaha atau pekerjaan berupa jasa, yang direncanakan dengan sengaja dan terus menerus untuk mempertahankan dan membangun suatu hubungan yang baik antara organisasi atau perusahaan dengan masyarakat. Public relations merupakan sebuah proses yang menjalin komunikasi antara organisasi atau perusahaan dengan pihak luar. Menurut Maria (2002,p.7) Public relations adalah interaksi yang menciptakan opini publik sebagai sesuatu yang menguntungkan kedua belah pihat, dan profesi yang profesional menurut bidangnya karena merupakan salah satu faktor penting dalam mencapai tujuan organisasi atau perusahaan dan merupakan hal utama untuk kelangsungan hidup organisasi atau perusahaan yang bersangkutan. Public relations sendiri berorientasi kepada perushaan untuk membangun citra positif perushaan dimata masyarakat sehingga menimbulkan opini yang baik untuk konsumen.

Pulic relations sendiri memiliki banyak tujuan yang sesuai dengan perusahaan ataupun organisasi yang bersangkutan, diantaranya :
·        Mengembangkan citra perusahaan kepada publik, konsumen, dan perusahaan lainnya.
·        Membangun pengenalan merk dan pengetahuan merk perusahaan
·        Mengenalkan perusahaan kepada khalayak masyarakat
·        Membuka pangsa pasar yang baru
·        Memperbaiki hubungan masyarakat dengan perusahaan, jika terjadi suatu konflik yang menyebabkan citra perusahaan menurun
·        Menciptakan identitas perusahaan yang baru (re-branding)
·        Menyebarkan hal – hal yang telah berhasil dilakukan oleh perusahaan atau organisasi, agar terbentuknya citra yang baik dikalangan masyarakat.

Public relations berfungsi sebagai wadah penghubung  yang menjembatanin antara perusahaan dengan masyarakat. Public relations juga berfungsi sebaai wadah bagi  perusahaan untuk memelihara, mempertahankan, dan mengembangkan sebuah organisasi atau perusahaan dengan menggunakan komunikasi timbal balik untuk mengatasi masalah yang muncul serta meminimalisir masalah. Bukan hanya itu, public relations dapat dikatakan sebagai nafas dari sebuah perusahaan dan harus memberi identitas terhadap organisasi atau perusahaan tempat ia mengabdi dan mengkomunikasikannya kepada publik agar dapat dipercaya dan organisasi atau perusahaan tersebut juga dapat pengertian yang jelas dimata masyarakat.

Public relations memiliki peran yang hampir mirip dengan CSR (Corporate Social Responsibility). Perannya adalah melakukan pendekaan epada masyarakat dan memahami berbagai kebutuhan yang harus dilakukan perusahaan terhadap masyarakat agar citra perusahaan tersebut tetap baik. Hal yang dilakukan oleh public relations dapat dilakukan dengan berbagai alternatif komunikasi, dimulai dari komunikasi langsung (face to face) dengan pihak yang bersangkutan, secara tidak langsung, atau bahkan dapat melali onine melalui media sosial atau pers. Seorang public relations tidak hanya membutuhkan keahlian pandai bicara saja, tetapi harus mampu menjalin relasi yang luas dengan khalayak, mampu menganalisis kebutuhan perusahaan, dan juga harus memiliki kemampuan menulis yang baik.

Public Relations Online
Semakin berkembangnya zaman, maka tidak luptu juga dari perkembangan teknologi yang salah satu dari perkembangan ini adalah internet. Munculnya internet membawa banyak dampak bagi seluruh kehidupan baik itu positif ataupun negatif. Perubahan yang terjadi tidak hanya di dalam bisnis, tetapi institusi media juga tidak luput dari perubahan tersebut, termasuk juga bagi dunia public relations. Perkembangan public relations sendiri tidak bisa terlepas dari perkembangan teknologi komunikasi. Pengaruh teknologi tersebut menyebabkan kegiatan public relations mengeluarkan perspektif baru dan memunculkan istilah Net PR, Cyber PR, dan banyak nama lainnya di dunia cyber (dunia maya). Public relations sendiri merupakan salah satu profesi yang tidak bisa menghindar dari kemajuan teknologi komunikasi yang biasa disebut sebagai internet ini. Bahkan pada zaman sekarang, sudah banyak program seorang pubic relations maupun konsultan public relations yang menawarkan jasanya melalui ranah internet, baik media sosial atau melalui situs – situs yang terpasang di berbagai jejaring internet yang diakses oleh hampir seluruh kalangan masyarakat.

Berkembangnya public relations dalam teknologi komunikasi di internet, menyebabkan perubahan terhadap pola komunikasi yang dilakukan oleh praktisi public relations sendiri. Internet membawa praktisi public relations mampu menjangkau public yang lebih luas lagi dan membantu untuk mencapai sasarannya secara langsung. Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh praktisi public relations melalui penggunaan internet berupa :
·        Seorang public relations harus menyadari bahwa khalayak dapat mengakses press release yang dikirimkan oleh public relations tersebut melalui internet dan dengan kata kata yang mudah dipahami oleh masyarat
·        Public relations dapat membuat mailing list dari publiknya
·        Membantu publik agar dapat mengakses press release di dalam home page yang ada di Web World Wide (WWW)

Internet sangat bermanfaat untuk membantu seorang praktisi Public Relations untuk mempertahankan hubungannya antara internal dengan eksternalnya. Masyarakat sendiri tentunya akan sangat bergantung terhadap public reations untuk mendapatkan informasi yang terpercaya dan mudah diakses. Keberhasilan seorang public relations sendiri tergantung dengan siapa publiknya, bagaimana strategi yang digunakan, apakah dapat mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam membina hubungan yang baik terhadap publik.

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar