Public Relations on the Internet
Public
relations adalah sebuah usaha atau pekerjaan berupa jasa, yang direncanakan
dengan sengaja dan terus menerus untuk mempertahankan dan membangun suatu
hubungan yang baik antara organisasi atau perusahaan dengan masyarakat. Public relations
merupakan sebuah proses yang menjalin komunikasi antara organisasi atau
perusahaan dengan pihak luar. Menurut Maria (2002,p.7) Public relations adalah
interaksi yang menciptakan opini publik sebagai sesuatu yang menguntungkan
kedua belah pihat, dan profesi yang profesional menurut bidangnya karena
merupakan salah satu faktor penting dalam mencapai tujuan organisasi atau
perusahaan dan merupakan hal utama untuk kelangsungan hidup organisasi atau
perusahaan yang bersangkutan. Public relations sendiri berorientasi kepada
perushaan untuk membangun citra positif perushaan dimata masyarakat sehingga
menimbulkan opini yang baik untuk konsumen.
Pulic
relations sendiri memiliki banyak tujuan yang sesuai dengan perusahaan ataupun
organisasi yang bersangkutan, diantaranya :
·
Mengembangkan citra perusahaan kepada
publik, konsumen, dan perusahaan lainnya.
·
Membangun pengenalan merk dan
pengetahuan merk perusahaan
·
Mengenalkan perusahaan kepada khalayak
masyarakat
·
Membuka pangsa pasar yang baru
·
Memperbaiki hubungan masyarakat dengan
perusahaan, jika terjadi suatu konflik yang menyebabkan citra perusahaan
menurun
·
Menciptakan identitas perusahaan yang
baru (re-branding)
·
Menyebarkan hal – hal yang telah
berhasil dilakukan oleh perusahaan atau organisasi, agar terbentuknya citra
yang baik dikalangan masyarakat.
Public
relations berfungsi sebagai wadah penghubung yang menjembatanin antara perusahaan dengan
masyarakat. Public relations juga berfungsi sebaai wadah bagi perusahaan untuk memelihara, mempertahankan,
dan mengembangkan sebuah organisasi atau perusahaan dengan menggunakan
komunikasi timbal balik untuk mengatasi masalah yang muncul serta meminimalisir
masalah. Bukan hanya itu, public relations dapat dikatakan sebagai nafas dari
sebuah perusahaan dan harus memberi identitas terhadap organisasi atau
perusahaan tempat ia mengabdi dan mengkomunikasikannya kepada publik agar dapat
dipercaya dan organisasi atau perusahaan tersebut juga dapat pengertian yang
jelas dimata masyarakat.
Public
relations memiliki peran yang hampir mirip dengan CSR (Corporate Social Responsibility). Perannya adalah melakukan
pendekaan epada masyarakat dan memahami berbagai kebutuhan yang harus dilakukan
perusahaan terhadap masyarakat agar citra perusahaan tersebut tetap baik. Hal
yang dilakukan oleh public relations dapat dilakukan dengan berbagai alternatif
komunikasi, dimulai dari komunikasi langsung (face to face) dengan pihak yang bersangkutan, secara tidak
langsung, atau bahkan dapat melali onine
melalui media sosial atau pers. Seorang public relations tidak hanya
membutuhkan keahlian pandai bicara saja, tetapi harus mampu menjalin relasi
yang luas dengan khalayak, mampu menganalisis kebutuhan perusahaan, dan juga
harus memiliki kemampuan menulis yang baik.
Public Relations Online
Semakin
berkembangnya zaman, maka tidak luptu juga dari perkembangan teknologi yang salah
satu dari perkembangan ini adalah internet. Munculnya internet membawa banyak
dampak bagi seluruh kehidupan baik itu positif ataupun negatif. Perubahan yang
terjadi tidak hanya di dalam bisnis, tetapi institusi media juga tidak luput
dari perubahan tersebut, termasuk juga bagi dunia public relations. Perkembangan
public relations sendiri tidak bisa terlepas dari perkembangan teknologi
komunikasi. Pengaruh teknologi tersebut menyebabkan kegiatan public relations
mengeluarkan perspektif baru dan memunculkan istilah Net PR, Cyber PR, dan banyak nama lainnya di dunia cyber (dunia
maya). Public relations sendiri merupakan salah satu profesi yang tidak bisa
menghindar dari kemajuan teknologi komunikasi yang biasa disebut sebagai
internet ini. Bahkan pada zaman sekarang, sudah banyak program seorang pubic
relations maupun konsultan public relations yang menawarkan jasanya melalui
ranah internet, baik media sosial atau melalui situs – situs yang terpasang di
berbagai jejaring internet yang diakses oleh hampir seluruh kalangan masyarakat.
Berkembangnya
public relations dalam teknologi komunikasi di internet, menyebabkan perubahan
terhadap pola komunikasi yang dilakukan oleh praktisi public relations sendiri.
Internet membawa praktisi public relations mampu menjangkau public yang lebih
luas lagi dan membantu untuk mencapai sasarannya secara langsung. Beberapa hal
yang dapat dilakukan oleh praktisi public relations melalui penggunaan internet
berupa :
·
Seorang public relations harus menyadari
bahwa khalayak dapat mengakses press release yang dikirimkan oleh public
relations tersebut melalui internet dan dengan kata kata yang mudah dipahami
oleh masyarat
·
Public relations dapat membuat mailing list dari publiknya
·
Membantu publik agar dapat mengakses press release di dalam home page yang
ada di Web World Wide (WWW)
Internet
sangat bermanfaat untuk membantu seorang praktisi Public Relations untuk
mempertahankan hubungannya antara internal dengan eksternalnya. Masyarakat sendiri
tentunya akan sangat bergantung terhadap public reations untuk mendapatkan
informasi yang terpercaya dan mudah diakses. Keberhasilan seorang public
relations sendiri tergantung dengan siapa publiknya, bagaimana strategi yang
digunakan, apakah dapat mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam membina
hubungan yang baik terhadap publik.
Sumber
:
0 komentar:
Posting Komentar