Apakah
Ada Ruang Lingkup dari PR Online?
Sebelum
membahas ruang lingkup PR Online, terlebih dahulu saya akan menjelaskan tentang
definisi dari PR Online itu sendiri. PR Online merupakan suatu kegiatan
praktisi Public Relations (PR) serta pemasaran suatu organisasi atau perusahaan
melalui media internet. Tugas PR Online sendiri tidak jauh berbeda dengan tugas
praktisi PR yang lainnya. Tugas yang akan dilakukan oleh seorang PR Online
berupa : membangun merk (brand),
memelihara kepercayaan masyarakat atau perusahaan lain. Target utama yang harus
dijalankan oleh PR Online yaitu reputasi online (e-reputations), brand awarness, dan trust.
PR
Online sendiri harus melibatkan pengelolaan produksi artikel dan siaran pers
yang akan dipublikasikan secara online. Sebagai seorang PR, tidak hanya
menguasai keahlian di bidang berkomunikasi dan menulis saja, tetapi juga
dituntut harus mampu beradaptasi dengan teknologi. Hal tersebut dikatakan,
karena pada saat sekarang ini kemajuan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi
sangat berkembang secara pesat. PR Online disini melakukan pekerjaan dengan
menggunakan jaringan internet sebagai media ia bekerja. Perkembangan teknologi,
informasi dan komunikasi sendiri membawa PR pemerintah maupun PR organisasi dan
perusahaan melakukan penyebaran informasi melalui media sosial dan jejaring
sosial, bahkan sudah hampir seluruh instansi pemerintah menggunakan website
sendiri. Hal ini dapat meningkatkan hubungan baik antara PR dengan khalayaknya
dan informasi yang diberikan lebih cepat sampai dan dapat diakses dimana saja
tanpa ada batasannya.
Ruang
Lingkup dari PR Online yaitu:
1. Online
PR Skills
2. Geografi
Media Sosial
3. Blogging
4. Social
Media Management
5. Google,
Trends, Analytic
6. E-Newsletter
7. E-Magazine
8. Search
Engine Optimization
9. Corporate
Blogging
10. Corporate
Jurnalism
11. Online
Writing & Advertisement
0 komentar:
Posting Komentar